Blue Flower

  Indonesia adalah negara tropis, disini terdapat dua musim yaitu: musim kemarau dan musim penghujan. Musim kemarau di Indonesia terjadi antara bulan April hingga September. Sedangkan musim penghujan terjadi antara bulan Oktober sampai bulan Maret. Dua musim itu akan bergantian seiring berjalannya waktu. Bulan Januari ini, hujan sering turun merata di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya Kabupaten Kendal yang terletak di Provinsi Jawa Tengah.

  Hujan deras di wilayah Kendal sangat menguntungkan bagi petani, mengingat sawah di wilayah ini masih tergolong luas. Namun, bagi sebagian orang, hujan juga kurang menguntungkan karena sedikit terhambatnya aktivitas mereka. Mereka adalah peserta didik sekolah. Peserta didik di Kabupaten Kendal banyak yang terlambat karena berbagai alasan. Dan kebetulan saat itu sedang turun hujan. Peserta didik SMA Negeri 1 Kendal atau lebih sering dijuluki SMANIK juga tak luput dari peserta didiknya yang telat. Khususnya di hari dimana hujan turun saat pagi.

 

     

Foto: Peserta didik SMA Negeri 1 Kendal sedang membersihkan genangan air

 

 

  SMANIK memberlakukan sistem masuk pada jam 06.45, jadi banyak peserta didik yang kurang disiplin sehingga telat masuk kelas dan tidak mengikuti kegiatan literasi selama 15 menit.  Musim hujan lagi-lagi menguntungkan bagi pihak sekolah. Karena hujan yang turun semalam mengakibatkan halaman depan SMANIK menampung air yang cukup mengganggu aktivitas. Peserta didik yang kurang disiplin tadi didisiplinkan dengan kegiatan membersihkan genangan air sebagai hukuman yang mendidik.

  Pemberian hukuman itu sebagai kegiatan pendisiplinan diri bagi peserta didik yang terlambat. Walaupun mereka beralasan dari A sampai Z dan hujan menjadi penghalang, peraturan tetaplah peraturan yang harus dipatuhi dan dilaksanakan. Hal itu akan menjadi suntikan semangat bagi peserta didik yang lain, peserta didik Indonesia agar lebih disiplin dan serius dalam belajar. Jadi, hujan bukanlah rintangan untuk berdisiplin diri dan menggapai cita-cita.